Selamat Sore Rekan-rekan semuanya,
Hari ini saya ingin share tentang transaksi sesuai peran di kelompok.
Saya di PT. Jelly Fish Indonesia yang bergerak di bidang jasa penyedia Cleaning Service dan Maintenance AC, berperan sebagai Dept. Finance.
Sales Dept. PT. JFI melakukan transaksi dengan Bank Optimis Tbk. dimana Bank Optimis ingin menggunakan jasa maintenance AC paket lengkap dari PT. JFI.
Tugas saya disini sebagai Finance adalah menerbitkan invoice.
Kesulitan yang sempat saya alami adalah ketika saya tidak dapat menerbitkan invoice dengan menggunakan akun saya, sehingga saya menggunakan akun Administrator supaya dapat menerbitkan invoice.
Kesulitan yang sama terjadi saat saya mencoba melakukan pembayaran untuk transaksi lain.Untuk penyebabnya sampai sekarang saya masih mencari tahu.
1. Request for Quotation (RFQ) dari Bank Optimis
|
email RFQ BOP |
|
RFQ BOP |
2. Quotation yang dikirim PT. JFI ke Bank Optimis
|
Email Quotation untuk PT. BOP |
|
Quotation BOP |
3. Purchase Order dari Bank Optimis
|
Email PO dari BOP |
|
|
|
|
PO dari BOP |
4. Sales Order dari PT. JFI
|
Email SO dari JFI ke BOP |
|
SO BOP |
5. Good Receipt dari Bank Optimis
|
Email GR dari BOP |
|
GR BOP |
6. PT. JFI menerbitkan Invoice < oleh saya selaku Finance >
|
Email Invoice untuk BOP |
|
Invoice utk Bank Optimis |
7. Bank Optimis memvalidasi Invoice
|
Email validasi invoice BOP |
8. PT. JFI sudah menerima pembayaran dari Bank Optimis
|
Payment sudah diterima PT. JFI |
Demikian yang dapat saya share hari ini, terima kasih...
No comments:
Post a Comment